Oke, disini gua cuma mau kasih beberapa tips dan trik aja buat safe riding tapi tetep bisa ngebut alias nyelak2.
Kalo kita perhatikan, di Indonesia itu orang yang bisa naik motor dan layak punya sim baru 50% dan yang punya skill dalam berkendara hanya 15%. Begitulah kira-kira kalo di daerah Jakarta. Sering kita alami depan kita ibu-ibu naik motor dan suka belok seenaknya sendiri, itu kan berbahaya bagi dia dan pengendara lain kan? nah itu lah yang bisa bikin kecelakaan. Selain faktor dari pengendara lain kita juga harus amati diri kita dulu, ni ane mau kasih beberapa saran dalam berkendara cepat yang aman.
1. Pasti lah kita harus pakai helm, ini sih emang udah kewajiban kita kan kalo ga mau kena masalah sama pak polisi? dan juga kita stidaknya sedikit terlindung dari hal2 yang tidak diinginkan
2. Nyalakan lampu
Oke, memang terlihat sepele, apalagi siang bolong? emang ngaruh nyalain lampu siang bolong dimana matahari pas di atas ubun2?
Justru ini lah yang sangat berpengaruh, memang hal ini tidak kita sadari, tetapi menyalakan lampu di siang hari memudahkan mobil/kendaraan lain di depan kita melihat keberadaan kita lewat kaca spionnya. Hal ini sangat penting jika kita ingin membalap mobil di depan kita kan? jika si supir tau kita ingin menyalipnya setidaknya dia akan kurangi kecepatannya sedikit / memberi kita jalan lewat lah.
Pernah dibuktikan motor yang menyalakan lampu sudah terlihat dari jarak 75m sedangkan yang tida baru terlihat dari jarak 20m. Lihat saja perbedaannya, Jauh kan?
3. Shock Braking Skill
Yak, berarti kemampuan dalam rem mendadak, refleks kita biasanya hanya akan menginjak/menarik rem kuat2 saat ada sesuatu di depan kita, hal ini sangat tidak dianjurkan dalam kecepatan tinggi.
a. Anda bisa terpeleset dengan mudah jika ban anda selip, dan hal ini akan lebih membahayakan
b. Jika ban anda sampai selip/ngepot (ban udah berhenti tapi masih jalan) maka jarak yang diperlukan untuk motor berhenti akan menjadi lebih jauh. Ini karena ban sudah kehilangan gaya gesek terhadap aspal, yang membuat ban berjalan tanpa berputar.
Tips:
Lakukan pengereman dengan cara menginjak/menarik rem 2-3 kali. Pengereman pertama bisa dilakukan dengan cukup keras, sampai kira2 motor sudah ingin selip lepas rem lalu langsung injak lagi, jangan terlalu lama melepasnya, kalau bisa jangan sampai 1 detik, begitu di lepas langsung tekan lagi. lakukan hal ini sampai 3 kali atau bahkan lebih jika anda memang dalam kecepatan yang benar2 tinggi.
Hal ini bertujuan untuk mengembalikan gaya gesek ban terhadap aspal, cukup melepasnya dalam waktu yang sangat sangat singkat, ban sudah bisa mendapatkan gaya geseknya kembali. Hal ini tentunya akan mencegah terjadinya ban selip.
Cara ini juga sudah ada teknologinya, yang dinamakan ABS (Automatic Braking System) cara kerjanya sama persis dengan cara diatas tadi.
4. Engine Braking
Nah kalau yang ini khusus buat motor manual, Pengereman Mesin? ya berarti mengerem dengan mesin. Gimana caranya?
sebelumnya perlu diingat cara ini dilakukan jika tips ke 3 sudah tidak mampu menghentikan motor, tentunya Engine Braking juga harus dilakukan bersamaan dengan tips yang ke 3. kalo cuma mengandalkan mesin yang ada nanti jebol mesinnya. dan Engine Braking dilakukan oleh setiap rider motoGP setiap melakukan Hard Braking saat mau melalui tikungan.
Caranya :
Saat tips ke 3 udah dilkukan tapi feeling kita bilang gak bakal bisa berhenti nih motor, lakukan Engine Breaking dengan menurunkan gigi/perseneling motor anda, misal dari gigi 4 langsung turunin aja ke gigi 3 kalo jarak sudah dekat langsung ke gigi 2 juga boleh. Tapi 1 hal yang pasti ialah naiknya rpm si motor alias ngeden dia pasti, kalo hal ini dilakukan berbarengan dengan tips yang ketiga maka dalam jarak yang dekat motor bisa berhenti.
*jangan sering2 melakukan Engine Braking, dan lakukan berbarengan dengan pengereman, kalau terlalu sering ditakutan kan mesinnya gak kuat nanti malah blow engine, cara ini biasanya kalo udah kepepet aja. Soalnya motor pabrikan standar beda sama settingan mesinnya sama yang buat balapan di motoGP, kalau motoGP setiap kali mau belok pasti pakai Engine Breaking soalnya mesinnya sudah didesain khusus kalo motor kita cobain begitu bisa bisa pas pulang turu mesin dah tuh hehehe XD
oke cukup sekian, masih banyak lagi sih cuma nanti ane bikin part 2 nya aja ya, semoga bermanfaat thanks :)
No comments:
Post a Comment